fbpx

TIPS

Tabungan Saham Bisa Untuk Apa Saja?

Beberapa tahun belakangan, pemerintah serta sekuritas sering menggembor-gemborkan program Yuk Nabung Saham, apa sih keuntungan dari program ini? Program Yuk Nabung Saham sebenarnya sama saja seperti menabung di bank, hanya saja customer diharuskan untuk membeli saham minimal satu terlebih dahulu sehingga bisa digunakan untuk menabung di pasar modal. Salah satu keuntungan dari menabung di pasar modal adalah hasilnya yang lebih besar karena mendapatkan dana tambahan dari capital gain yang berasal dari pertambahan nilai modal saham yang dibeli serta deviden yang biasanya dibagikan sekali atau dua kali dalam setahun. Selain itu, menabung di pasar modal juga dapat membantu mewujudkan impian yang membutuhkan banyak dana. Yuk cari tahu apa saja kegunaan dari tabungan saham.

  1. Biaya Pendidikan Anak Hingga Kuliah

                 Pendidikan anak tentu saja hal nomor satu yang ingin diberikan oleh orang tua. Tak heran jika smeua orang tua memberikan sekolah yang memberikan kurikulum terbaik bagi anaknya, sayangnya modal untuk pendidikan yang bagus juga memerlukan biaya yang banyak sehingga mau tak mau orang tua pun harus putar otak agar anaknya mendapatkan pendidikan terbaik.

                 Menabung di bank bisa menjadi solusi namun hasilnya pun tidak sebanding dengan biaya pendidikan. Menabung di pasar modal bisa membantu apalagi jika memilih saham dengan kualitas baik untuk ditabung di pasar modal. Sehingga jika waktunya tiba tinggal mengambil kebutuhan sesuai yang diinginkan

2. Menabung Biaya Haji dari Saham Syariah

                 Sebagai umat islam, pergi ke tanah suci untuk berhaji menjadi suatu impian yang sebaiknya diwujudkan ketika memiliki dana yang cukup. Karenanya jika ingin memulai untuk menunaikan ibadah haji sebaiknya dimulai dengan menaabung sejak dini karena antrean untuk pergi haji pun terhitung lama bisa sampai 20-30 tahun.

                 Waktu yang panjang ini bisa digunakan untuk menabung hingga akhirnya bisa melunasi biaya berhaji. Tidak perlu takut akan kehalalannya karena saat ini tabungan saham juga terbuka untuk saham syariah yang hasilnya tidak kalah dengan saham konvensional

3. Menabung Saham Untuk Biaya Membeli Rumah

                 Memiliki rumah impian adalah keinginan semua orang namun harga tanah dan rumah yang terus naik setiap tahun membuat kita sering berfikir ulang untuk memulai membangun rumah.apalagi mengandalkan tabungan yang bisa saja tidak cukup untuk menabung rumah dalam jangka waktu dekat.

            Menabung saham bisa membantu untuk wujudkan impian dalam memiliki rumah. Dimulai dengan menabung saham dari saham-saham pilihan yang tentunya syariah dan memiliki imbal hasil serta deviden yang tinggi. Saham yang berkualitas pun biasanya memberikan hasil dalam jangka waktu lama sehingga cocok untuk tambahan pembelian rumah.

4. Mempersiapkan Hari Tua dengan Tabungan Saham

                 Muda kaya-raya dan masa tua bahagia, adakah yang memiliki keinginan seperti ini? Tentu saja ini merupakan harapan setiap orang. Namun impian ini bisa saja sulit diwujudkan jika tidak mulai mempersiapkan sejak dini. Jaminan hari tua mungkin saja bisa membantu namun apakah bisa memenuhi kebutuhan hidup serta biaya kesehatan di saat tua nanti.

                 Karenanya, selain bergantung pada tunjangan, menambah pos tabungan hari tua juga dibutuhkan untuk mempersiapkan kebutuhan di masa depan. Dengan memilih saham yang kenaikannya selalu bagus setiap tahun bisa menjadi tambahan untuk tabungan di haria tua agar bisa hidup bahagia dengan orang yang tersayang tanpa perlu menyusahkan orang lain.

5. Sudah Siapkah Menabung Saham?

Jika sudah tau berbagai manfaat dari menabung saham, sudahkah anda siap untuk mulai menabung di pasar modal? Namun, sebelum memulainya ada baiknya untuk mengetahui ilmu-ilmu dalam berinvestasi di pasar modal sehingga niat untuk menabung guna memenuhi keinginan di masa depan bisa terwujud dengan hasil maksimal.

Dimulai dengan ambil kesempatan gratis belajar investasi saham syariah di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :