fbpx

TIPS

7 Tahap yang Harus Dilalui Sebelum Mendapatkan Kebebasan Finansial

Terus-terusan bekerja dengan ritme yang sama bertahun-tahun tentu saja dapat menimbulkan kebosanan. Selain itu waktu untuk diri sendiri dan keluarga bisa berkurang jika terlalu fokus dengan bekerja. Karenanya kebebasan finansial bisa dilakukan untuk mendapatkan lebih banyak waktu untuk berkumpul bersama yang tersayang dan mengembangkan diri. Selain itu, cari tahu terlebih dahulu beberapa tahapan yang harus dilalui untuk mendapatkan kebebasan finansial.

  1. Dependency (Bergantung pada orang lain)

            Tahap ini biasanya terjadi ketika seseorang masih masuk ke dalam usia sekolah sehingga sangat bergantung kepada orang lain untuk kebutuhan finansial. Disisi lain, juga ada beberapa yang mulai berjualan untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri ataupun keuangan keluarga. Seiring berjalannya waktu tahapan ini akan berubah ke arah yang lebih baik.

2. Solving (memiliki penghasilan sendiri)

                Tahapan solving ini biasanya dimulai ketika seseroang sudah menyelesaikan tingkat pendidikannya serta sudah mulai bekerja sehingga memiliki penghasilan sendiri.

Pada tahap ini, sudah tidak bergantung pada orang lain untuk pemenuhan kebutuhannya, penghasilan pun sering lebih besar dari kebutuhan namun bisa saja lebih kecil karena harus membayar hutang atau cicilan orang tua namun masih tetap mampu untuk menyelesaikan pembayarannya.

3. Stability (Pemasukan Lebih)

                Di tahap ini, beberapa orang yang sudah tidak tahan dengan penghasilan yang dimiliki biasanya memulai untuk mencari pemasukan lebih diluar penghasilan utama. Beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu berdagang, ataupun menjadi pekerja lepas untuk beberapa project diluar pekerjaan. Hasil dari kegiatan sampingan ini biasnaya menjadi pemasukan lebih yang berguna untuk membantu melunasi hutang serta menambah isi tabungan.

4. Agency (Hutang Terbayarkan)

                Hasil dari pemasukan tambahan yang terus stabil dari hari ke hari akhirnya bisa membantu melunasi hutang yang ada. Jika sudah begini, kebanyakan orang biasanya sudah berusaha berhenti untuk berhutang serta memanfaatkan pemasukan lebih untuk tambayan pembeliaan barang ataupun memulai investasi.

5. Security (Investasi)

Investasi menjadi tahapan selanjutnya menuju kebebasan finansial. Pada tahapan ini, beberapa orang mulai berinvestasi untuk mengelola asetnya agar bisa semakin berkembang ataupun menambah lagi penghasilan. Modal awal dari investasi berawal dari tabungan yang tidak terpakai ataupun hasil dari pekerjaan sampingan. Disaat hasil investasi sudah dirasa aman, hasil dari investasi bis digunakan untuk hal lain seperti menabung ataupun memenuhi kebutuhan pokok.

6. Independent (Penghasilan dari Investasi)

                Bagi beberapa orang, penghasilan di pasar modal terkadang lebih besar dari pendapatan bulanan hingga akhirnya dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dan keinginan. Jika hal ini sudah terjadi, biasanya akan menjadi titik balik untuk lebih memilih fokus untuk menjadi trader.

                Sebelum memilih jalan ini, diharuskan untuk memiliki dana darurat dulu untuk menjadi simpanan apabila saham pilihan tiba-tiba turun dan juga hutang telah terlunasi agar tidak terganggu fikiran untuk menyelesaikan pembayaran hutang

7. Abundance (passive income memenuhi kebutuhan)

            Di tahap inilah, seorang trader bergantung sepenuhnya pada perdagangan di pasar modal hingga akhirnya sampingan di pasar modal menjadi pendapatan utama untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bahkan memenuhi tabungan serta dapat mewujudkan keinginan di masa depan melalui pasar modal. Namun sudahkan anda siap untuk melewati langkah-langkah bebas finansial ini? Dibutuhkan ilmu yang memadai, mental yang kuat serta mentor yang dapat membimbing untuk menuju kebebasan finansial yang diinginkan. Tiket gratis untuk mewujudkan keinginan bebas finansial ada di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :

  • Jl. Embong Malang No 21-31 Surabaya
  • admin@uliveacademy.id
  • 0812-1664-0962
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat & Ketentuan