fbpx

TIPS

Cara Mengatur Keuangan Agar Tetap Sehat di Masa Pandemi

Di masa pandemi ini, ekonomi dan keuangan bisa saja terganggu karena penghasilan yang berkurang, keluarga yang mendadak sakit, ataupun harga pangan yang juga ikut naik. Jika hal ini terjadi sudah seharusnya melakukan peromabakan keuangan agar tetap sehat di masa pandemi. Ikuti dulu langkah berikut agar bisa mengubah keuangan yang sakit menjadi lebih sehat.

1.Uang Bukanlah Segalanya Namun Harus Dikelola Dengan Baik

            Uang memang penting untuk memenuhi kehidupan namun bukanlah segalanya sehingga harus terus menerus bekerja tanpa pengelolaan keuangan yang baik. Karena itu, jika penghasilan sudah turun, sebaiknya keuangan langsung dikelola ke berbagai pos pengeluaran dan harus dihemat sesuai dengan kebutuhan yang ada. Kebiasaan baik ini akan membuat lebih fokus pada pekerjaan sehingga tidak terganggu pada uang yang digunakan selama sebulan.

2. Mengumpulkan Nota Belanja

            Kebiasaan kecil dan remeh ini sebenarnya bisa membantu untuk membuat keuangan menjadi lebih sehat. Kumpulan nota belanja ini gunanya untuk mencatat apa saja pengeluaran yang telah dilakukan dan apakah sudah sesuai dengan anggaran atau malah melebar dari anggaran. Jika melebar maka harus dihemat untuk bulan depan sehingga anggaran tidak membengkak dan menyebabkan penghasilan berkurang.

3.Mencatat Pengeluaran dengan Rapih

            Mencatat pengeluaran memang kegiatan yang membosankan dan memerlukan ketelitian yang tinggi. Namun kegiatan rutin ini membantu kita untuk mencatat apa saja pengeluaran bulanan yang dikeluarkan dan apa saja yang harus dihemat sehingga pengeluaran tetap sehat dan seimbang setiap tahun.

4. Evaluasi Keuangan Secara Rutin

            Setiap bulan sebelum mulai gajian, mulailah untuk memulai evaluasi keuangan bulanan agar ke depannya bisa semakin memperhitungkan kebutuhan. Selain mengevaluasi keuangan, menambah penghasilan juga diperlukan agar keuangan bisa lebih cepat sembuh. Namun, jika pekerjaan terus menumpuk bagaimana cara menambahnya? Investasi di pasar modal bisa menjadi solusi yang bagus karena tidak perlu diperhatikan terus-menerus seharian sehingga bisa tetap fokus pada pekerjaan utama. Tiket gratis belajar investasi saham syariah tersedia di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :