fbpx

TIPS

Sudahkah Anda Memiliki Literasi Keuangan yang Baik?

Walaupun sudah bertahun-tahun mengenyam bangku pendidikan, nyatanya hanya sebagian besar kecil orang yang memiliki literasi keuangan yang baik. Sehingga tidak sedikit yang merasa kebingungan ketika mengelola penghasilan bulanan sehingga harus berhutang untuk memenuhi kebutuhan. Padahal jika sudah memiliki literasi keuangan seberapapun penghasilan, masalah keuangan bisa diselesaikan dengan mudah.

Tahukah apa saja ciri-ciri seseorang yang memiliki literasi keuangan yang baik?

  1. Memiliki Investasi Untuk Tujuan Tertentu

       Seseorang yang memiliki literasi keuangan yang baik sudah memiliki rencana investasi untuk tujuan tertentu, seperti membangun rumah ataupun biaya sekolah anak di masa depan sehingga uangnya tidak hanya mengendap di satu tempat saja melainkan berkembang sehingga dapat digunakan di masa depan. Setelah mendapat penghasilan pun hasilnya langsung dibagi ke pos investasi barulah di bagi untuk pengeluaran bulanan. Dengan pembagian ini, penghasilan pun sudah jelas tujuannya sehingga tidak terbuang sia-sia.

2. Memiliki dana darurat

       Selain investasi, memiliki dana darurat serta tabungan yang terpisah juga diperlukan agar dapat mengetahui tujuan keuangan ke depannya serta mencegah timbulnya sifat boros. Sebagai manusia biasa, kita tentu saja tidak akan mengetahui apa yang terjadi di masa depan. Misalnya adanya kecelakaan atau salah satu anggota keluarga yang mendadak sakit tentu saja dibutuhkan dana secara cepet dan dan darurat bisa dimanfaatkan saat itu juga sehingga resiko berhutang bisa diperkecil bahkan dihilangkan.

3. Memiliki tabungan terpisah

       Seseorang yang telah memiliki literasi keuangan yang baik selalu membagi penghasilannya ke dalam berbagai tabungan terpisah dan tidak bertumpuk ke dalam satu tabungan inti. Sebagai contoh, Tabungan A digunakan untuk menyimpan dana darurat, Tabungan B untuk investasi anak, dan Tabungan C digunakan untuk keperluan sehari-hari. Dengan pembagian seperti ini kita menjadi tahu kemana saja uang kita akan berkembang dan juga dihabiskan. Jadi tidak ada alasan pada akhir bulan uang menghilang tanpa sisa dan alasan.

4. Punya pengelolaan keuangan yang jelas

       Setelah gajian, kemana saja uang anda habis? Bayar cicilan atau kebutuhan bulanan saja atau untuk berbelanja. Mulai sekarang cobalah untuk membagi keuangan anda ke dalam beberapa pos pengeluaran dan pendapatan. Jika dana untuk pengeluaran tertentu sudah habis maka waktunya untuk berhemat dan tidak mengambil dana dari pos lain.

5. Sudahkah Mulai Investasi?

     Gaji yang mencukupi tetap harus investasi karena hidup pun berjalan terus maka rencana hidup ke depan harus disipakan dengan dana yang mencukupu. Tentunya penghasilan bulanan dan tabungan tidak bisa memenuhinya dalam waktu yang singkat. Karenanya investasi bisa menjadi pilhan untuk mengembangkan keuangan guna memenuhi kebutuhan di masa depan. Tentu saja anda tidak mau kan terus menerus bekerja sampai hari tua tiba.

6. Mulai Belajar Literasi Keuangan Sejak Dini

     Belajar tidak hanya dilakukan selama 9 ataupun 12 tahun namun harus terus menerus dilakukan termasuk literasi keuangan. Sehingga pada masa sulit sekalipun disaat penghasilan bulanan tiba-tiba menghilang anda akan tetap tenang karena masih memiliki simpanan yang digunakan di masa darurat dan anak pun masih bisa menempuh pendidikan. Belajar pun tidak ada kata terlambat dan bisa dimulai dari sekarang dengan ambil tiket gratis belajar investasi dan literasi keuangans ecara gratis di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :

  • Jl. Embong Malang No 21-31 Surabaya
  • admin@uliveacademy.id
  • 0812-1664-0962
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat & Ketentuan