fbpx

TIPS

Gaji Cepat Habis Setelah Gajian? Evaluasi Dulu Pengeluaran Anda

Apakah hari ini penghasilan masih mencukupi untuk kebutuhan hidup? Jika belum mencukupi, coba evaluasi dulu pengeluaran selama ini.  Apakah sebenarnya pengeluaran lebih besar dari penghasilan sehingga gaji cepat habis atau karena cara pengelolaan yang kurang? Sebelum hari gajian tiba, coba evaluasi dulu pengeluaran bulanan

  1. Beri prioritas untuk dana darurat dan tabungan

Setelah penghasilan bulanan turun, pastikan untuk langsung membagi ke dana darurat dan tabungan. Simpanan ini wajib diisi dan menjadi prioritas utama setelah gajian bukan menjadi opsi terakhir dalam pengeluaran. Memiliki tabungan dan dana darurat yang cukup juga membantu dalam mengatasi hal-hal penting yang mendadak terjadi. Beberapa pengeluaran yang masuk ke dalam tabungan adalah tabungan liburan ataupun tabungan untuk membeli rumah maupun kendaraan.

2. Buat daftar pengeluaran

Setelah menyisakan dana untuk tabungan dan dana darurat, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat daftar pengeluaran bulanan, seperti belanja bulanan, membayar tagihan bulanan, serta pos untuk membahagiakan diri sendiri. Ingatlah, kita bekerja tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan namun juga untuk memenuhi keinginan pribadi. Jadi, jangan lupa siapkan anggarannya juga.

3. Bagi penghasilan ke beberapa rekening

Guna mencegah bocornya keuangan, setelah membagi ke dalam pos pengeluaran maka saatnya transfer ke beberapa rekening tabungan khusus untuk investasi, tabungan, ataupun kebutuhan sehari-hari agar mudah dalam mengatur pengeluaran sehari-hari dan mencegah kebocoran pengeluaran.

4. Hindari menggunakan kartu kredit

Di masa modern yang selalu menggunakan pembayaran secara online, kartu kredit bisa menjadi alternatif yang bagus untuk berbelanja secara mudah dengan diskon yang fantastis. Sayangnya, banyak dari kita yang tidak sadar hingga akhirnya menghabiskan kartu kredit lebih dari yang kita miliki sehingga menyebabkan pengeluaran menumpuk di waktu yang bersamaan. Karenanya memilih menggunakan kartu kredit disarankan agar lebih mudah dan dapat menyadari pengeluaran secara cepat.

5. Sisakan Gaji Untuk Investasi

       Setelah menerima penghasilan bulanan, sisakan gaji untuk investasi agar uang yang dihasilkan bisa lebih berkembang dan tidak hanya berpatokan pada satu simpanan saja. Namun, saat ini banyak orang yang memulai investasi tanpa guru dan mentor sehingga uang yang seharusnya bisa berkembang malah hilang tak bersisa karena salah memilih strategi. Karena itu sebelum memulainya, sebaiknya menemukan terlebih dahulu mentor yang tepat dan juga berpengalaman dalam berinvestasi di pasar modal. Kelas belajar investasi saham syariah secara gratis ada di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :