fbpx

TIPS

Bisakah Keuangan Aman Setelah Memiliki Cicilan?

  Disamping membiayai kebutuhan hidup, penghasilan bulanan biasanya digunakan untuk membayar cicilan maupun hutang. Walaupun terasa berat, jika mampu memiliki pengelolaan yang tepat maka keuangan bisa dipastikan aman. Lalu bagaimana cara atur  keuangan walau sedang memiliki cicilan?

  1. Mengetahui Konsekuensi Saat Mengambil Cicilan

       Hal terpenting yang harus dilakukan adalah mengetahui konsekuensi saat mengambil cicilan. Hal ini bisa dimulai dengan mengurangi pos pengeluaran yang lain serta fokus untuk melunasi dalam jangka waktu yang ditentukan. Selain itu, disiplin dengan pengeluaran yang ada serta tidak menambah pos pengeluaran lain juga jadi kunci agar anggaran yang dimiliki tidak ikut membengkak

2. Disiplin dengan pengeluaran

       Salah satu hal yang membuat khilaf dalam pengeluaran sehari-hari adalah tidak sengaja membeli barang-barang yang tidak perlu. Seperti ikut membeli barang di harga diskon ataupun menghabiskan jatah pos pengeluaran sebelum hari gajian tiba. Ingatlah bahwa anda ingin melunasi hutang secepatnya karenanya disiplin pada anggaran adalah hal wajib agar hutang cepat terlunasi sehingga hidup menjadi lebih tenang.

3. Menghindari sifat konsumtif

Disaat mengetahui ingin melunasi hutang, sifat konsumtif sebaiknya dihilangkan pelan-pelan. Kebiasaan kecil seperti makan diluar bisa dikurangi ataupun diganti dengan alternatif lain. Memulai kebiasaan untuk membawa bekal dari rumah juga membantu untuk menghemat anggaran makan sehingga sisanya bisa dimasukkan ke dalam anggaran cicilan.

4. Cari alternatif lain selain mencicil

Mencicil bisa menjadi hal yang memberatkan karena secara tidak sadar diharuskan bekerja keras untuk membayar cicilan dan menjadi sulit menikmati hasil kerja keras. Jika memilih jalan untuk tidak mencicil sebaiknya menabung dulu dalam jangka waktu yang cukup lama disamping mengandalkan bonus untuk tambahan di tabungan guna membeli barang.

5. Kelola Kembali Pengeluaran dan Mulai Investasi

       Cicilan memang memberatkan karenanya mengapa tidak menambah penghasilan agar isi tabungan yang dimiliki semakin banyak. Namun, menambah pekerjaan setelah pekerjaan utama terkadang melelahkan. Karenanya, memulai investasi bisa menjadi solusi yang bagus dalam menambah penghasilan karena tidak perlu mengeluarkan banyak waktu di luar jam kerja dan masih bisa meningkatkan isi tabungan. Mempelajari pasar modal juga diperlukan agar hasilnya makin maksimal dan membantu untuk mempercepat impian. Kelas gratis belajar saham syariah ada di www.mauacuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :

  • Jl. Embong Malang No 21-31 Surabaya
  • admin@uliveacademy.id
  • 0812-1664-0962
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat & Ketentuan