fbpx

TIPS

Mengapa Harus Punya Dana Darurat Saat Pandemi

Disaat pandemi, banyak sekali rencana yang tertunda atau pun banyak kejadian di luar ekspektasi terjadi. Jika sudah begini, kita mungkin bingung untuk menghadapinya sedangkan dana tabungan pun mulai menipis dan tidak mungkin untuk berhutang di tengah keadaan yang tidak menentu. Karenanya, kesediaan dana darurat dibutuhkan agar disaat kebutuhan susah sekalipun kita bisa terus maju dan menjalani hidup yang ada. Inilah beberapa alasan lain mengapa kita harus memiliki dana darurat disaat terhimpit sekalipun.

  1. Hidup Tak Selalu Sesuai Prediksi

           Hidup memang tak selalu sesuai rencana. Salah satu contohnya adalah pandemi saat ini, sebelumnya mungkin kita merencanakan untuk membeli barang impian ataupun berlibur bersama keluarga. Namun, setelah pandemi datang dan penghasilan menurun semua rencana bisa saja berubah. Dana darurat bisa membantu disaat penting seperti ini dan menjadi cadangan sampai penghasilan kembali normal.

2. Memperbaiki Barang atau Kendaraan yang Rusak

           Dalam kondisi yang sulit tiba-tiba saja kendaraan atau laptop rusak. Hal ini tentu saja bikin tambah sakit kepala apalagi kedua barang tersebut pasti digunakan untuk bekerja. Hal ini tidak akan terjadi bila sudah memiliki dan menyiapkan dana darurat sejak lama sehingga barang-barang penting pun bisa dibenarkan secepatnya dan tidak mengganggu produktivitas kerja anda.

3. Antisipasi Kehilangan Pekerjaan

           Bekerja bertahun-tahun dalam satu perusahaan bukan berarti anda bisa terus tenang dalam segala kondisi apapun. Keadaan bisnis yang naik turun dan tidak mnentu juga bisa sebabkan kehilangan pekerjaan karena bisnis yang dijalani tiba-tiba saja bangkrut. Bila dalam keadaan begini, tentu saja tidak bisa terus menerus mengandalkan tabungan dan pesangon. Dana darurat bisa digunakan untuk menambah dana untuk bertahan hidup atau tambahan ketika tabungan dan pesangon mulai habis.

4. Menghindari Hutang

            Musibah dan kecelakaan adalah dua hal yang selalu datang tanpa kita ketahui sebelumnya. Dana darurat dapat diandalkan untuk membayar biaya tak terduga dari kedua hal tersebut. Sehingga, tabungan tetap aman dan terhindar dari hutang . Pengumpulan dana darurat bisa dimulai dari penghasilan bulanan, kenyataannya penghasilan sendiri pun tidak cukup untuk berbagai dana perlindungan dini. Karenanya memulai investasi sangatlah penting demi menambah pemasukan untuk dana darurat. Investasi juga diperlukan ilmu agar tidak terjebak dalam kerugian. Kesempatan mempelajari ilmu tentang investasi secara gratis ada di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :

  • Pakuwon Tower 18-07 (TP6), Kedungdoro Surabaya
  • admin@uliveacademy.id
  • 031 - 99256446
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat & Ketentuan