fbpx

TIPS

5 Fakta Tentang Saham Syariah yang Harus Diketahui Sebelum Mulai Investasi

Saham syariah menjadi salah satu incaran dari para investor ataupun trader. Selain kehalalannya yang diakui oleh DSN dan MUI. Saham syariah juga memilki keuntungan yang sama bahkan lebih baik daripada saham konvensional.Namun, sebelum memulai investasi dengan saham syariah alangkah baiknya untuk mengetahui 5 fakta tentang saham syariah.

  1. Investasi Sesuai Syariat Agama

Banyak orang mengatakan bahwa investasi saham itu haram dan tidak sesuai dengan syariat agama. Namun, hal ini tidak berlaku bila anda sudah bertemu dengan saham syariah. Selain dijamin kehalalannya karena telah diatur oleh Dewan Syariah Nasional dan MUI. Perusahaan yang masuk pun telah diseleksi dengan ketat sebelum disahkan menjadi bagian dari saham syariah

2. Saham Syariah Diatur Oleh DSN dan MUI

      Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kehalalan saham syariah telah dijamin oleh Dewan Syariah Nasional dan MUI. Hal ini juga ditegaskan kembali oleh Otoritas Jasa Keuangan.Sehingga, saham syariah aman digunakan oleh anda yang ingin mulai investasi dan tetap berpatokan pada kehalalan.

3. Perusahaan yang Dipilih Melalui Seleksi Ketat

      Berbeda dengan saham konvensional lain. Tidak sembarangan perusahaan yang bisa masuk ke daftar saham syariah. Diperlukan seleksi ketat untuk memeriksa keuangan dari suatu perusahaan. Antara lain : perusahaan tidak melakukan kegiatan yang berhubungan dengan riba, tidak memiliki kaitan dengan judi, jual belinya harus mengandung kepastian, serta produksinya tidak merusak moral pembelinya. Jika telah memenui beberapa syarat diatas maka perusahaan tersebut bisa masuk ke saham syariah dan halal untuk diinvestasikan.

.

4. Saham Syariah Masuk ke Dalam Dewan Ekonomi Syariah

      Saham syariah diawasi langsung Dewan Ekonomi Syariah, dimana lembaga ini punya hubungan langsung dengan MUI dalam bidang ekonomi. Selain itu tidak selamanya satu saham bertahan dalam status halal dan syariah. Ada kalanya suatu saham keluar karena ada masalah di bidang keuangan sehingga menyebabkan saham tersebut tidak syariah dan keluar dari daftar DSN. Dewan Syariah Syariah juga melakukan pemeriksaan bulanan dan tahunan untuk memeriksa kehalalan dari suatu saham.

5. Bebas dari Praktik yang Bersifat Haram

      Diawasi langsung oleh 3 lembang keuangan berbeda yaitu Dewan Syariah Nasional, MUI, dan Otoritas Jasa Keuangan. Menjadikan saham syariah bebas dari praktik yang bersifat haram. Pengawasannya pun diadakan secara berkala sehingga perusahaan yang tiba-tiba memiliki masalah akan kehalalan produknya bisa dikeluarkan dari list saham syariah.

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :