fbpx

TIPS

Perbedaan Trader dan Investor dalam Dunia Pasar Modal

Di dalam pasar modal terdapat dua istilah yang sering di temui sebelum mulai investasi yaitu trader dan investor. Walaupun sama-sama bermain di dunia pasar modal namun kedua tipe ini berbeda dalam memperoleh hasil dalam berinvestasi. Yuk, tentukan dulu tipe mana yang ingin anda pakai sebelum mulai investasi

  1. Jangka Waktu Dalam Investasi

Sebelum memulai investasi, trader dan investor memiliki tujuan tersendiri di pasar modal. Trader biasanya mengumpulkan dana dari pasar modal dalam waktu yang singkat. Biasanya, trader memilih saham yang sedang ramai di pasaran karena harganya yang cenderung tinggi sehingga untungnya lebih cepat di dapatkan. Sedangkan investor, lebih memilih investasi jangka panjang sehingga lebih berfokus pada kinerja suatu perusahaan dibandingkan dengan membeli saham

Yang sedang ramai diperbincangkan. Investor bisa saja sudah menganalisa suatu saham yang akan meledak di pasaran untuk selanjutnya dijual pada harga tinggi.

2. Teknik yang Digunakan

      Karena target yang diinginkan berbeda maka teknik yang digunakan tentu saja tidak sama. Trader tentu saja memilik teknik yang bisa menghasilkan keuntungan secara cepat sedangkan investor memilih teknik yang memberikan deviden tinggi tiap tahunnya namun dapat dibeli dengan harga murah dan disimpan dalam jangka waktu yang lama.

3. Emiten yang Dipilih

      Trader dan investor pasti setuju bahwa sebelum memulai investasi haruslah memilih emiten yang menguntungkan. Baik emiten farmasi,kontruksi, maupun berbagai emiten lain tentunya memiliki kelebihan dan hasil keuntungannya masing. Apapun pilihan anda, pastikan cocok dengan modal ataupun hasil yang ingin di dapatkan.

4. Modal yang Dikeluarkan

      Modal yang dibutuhkan untuk trader dan investor tentu saja berbeda. Karena mengincar keuntungan jangka pendek maka modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar dibandingkan dengan investor yang mengeluarkan dana besar agar hasil investasi jangka panjangnya lebih besar. Jangan heran, bila seorang investor membeli berlot-lot saham d suatu perusahaan.

5. Perbedaan Keuntungan

      Pembelian jumlah lot yang berbeda tentu saja menghasilkan hasil dari saham yang berbeda. Trader bisa saja mendapatkan ratusan ribu dalam sehari namun investor mendapatkan hasil yang besar namun dengan jangka waktu yang panjang. Deviden yang di dapatkan berbeda karena jumlah lot yang dimiliki pun tidak sama. Investor sendiri juga mengincar deviden dari perusahaan yang memiliki kinerja bagus dalam jangka waktu lama.

6. Investor atau Trader

      Apapun pilihan anda dalam berinvestasi tentu saja memiliki resikonya masing. Semuanya tergantung pada pilihan, waktu, dan modal yang dimiliki. Sebelum menentukan pilihan menjadi investor atau trader tentu harus memiliki formula sebelum mulai investasi untuk memperkecil resiko dalam berinvestasi. Pelajari dulu formula sebelum mulai investasi secara gratis di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :