fbpx

TIPS

Atur Keuangan Walau Hutang Menumpuk

Hutang menumpuk dan penghasilan pas-pasan di tengah pandemi menjadi problematika banyak orang saat ini. Dibandingkan hanya merenungi hidup tanpa berbuat sesuatu agar keuangan membaik lebih baik mulailah untuk mengatur keuangan agar hutang bisa cepat terlunasi dan juga bebas dari beban keuangan

  1. Tunda Belanja

     Disaat hutang menumpuk, hal pertama yang bisa dilakukan adalah menunda belanja yang bukan kebutuhan bulanan dan utama. Hal ini berguna untuk mengurangi pengeluaran yang membengkak karena membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan namun tetap dibeli karena lapar mata. Hindari juga menggunakan layanan paylater ataupun kartu kredit karena dapat membuat pengeluaran bertambah.

2. Mengetahui Kebutuhan dan Memperketat Pengeluaran

     Selain menunda belanja barang keinginan yang tidak diperlukan. Kita juga harus mengetahui kebutuhan yang harus dipenuhi dibandingkan kebutuhan yang bisa ditunda. Dengan itu pengeluaran bisa lebih diperketat. Sehingga, hutang bisa lebih cepat dilunasi.

3. Stop Berhutang Jangka Pendek

     Berhutang adalah salah satu pembiayan yang diperbolehkan asalkan untuk berhutang jangka panjang seperti untuk membeli rumah ataupun mengganti kendaraan yang lebih bagus. Akan tetapi bila berhutang jangka pendek untuk memenuhi ego agar diakui oleh lingkungan maka hal ini harus dihindari. Karena hal ini akan berpengaruh pada pendapatan dan tujuan keuangan di masa depan.

4. Dana Tambahan Untuk Bayar Hutang

     Langkah diatas sudah dilakukan namun hutang masih menumpuk? Saatnya cari tambahan dana untuk membayar hutang yang menuju jatuh tempo. Mengumpulkan dana dari bonus ataupun uang lembur bisa jadi solusi dibandingkan menambah hutang untuk membayar hutang yang ada.

5. Mulai Belajar Investasi

     Setelah mengalami hutang yang menumpuk tentu saja kita belajar untuk tidak hanya mengandalkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Memulai investasi adalah solusi yang cocok untuk menambah penghasilan walaupun harus bekerja sepanjang hari. Investasi pun harus dipelajari agar tidak berujung pada kerugian sehingga harus kembali berhutang. Tiket emas belajar investasi saham syariah gratis tersedia di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :

  • Pakuwon Tower 18-07 (TP6), Kedungdoro Surabaya
  • admin@uliveacademy.id
  • 031 - 99256446
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat & Ketentuan