fbpx

TIPS

Pemula dan Mau Memulai Investasi di Pasar Modal? Perhatikan Dulu Tips Berikut Ini

Bagi pemula yang sudah mulai belajar dan punya modal investasi saham syariah. Maka inilah saat yang tepat untuk memilih saham yang sesuai keinginan. Namun sebelum memulai, pastikan dulu untuk memperhatikan beberapa tips berikut agar keuntungan yang didapatkan bisa maksimal dan minim resiko.

  1. Perhatikan Laba Emiten Selama 10 Tahun

            Sebelum memulai, mulailah analisa terlebih dulu emiten yang anda pilih. Salah satu analisanya adalah mempertimbangkan laba sebuah emiten selama 10 tahun. Pastikan untuk memilih emiten yang labanya terus naik selama 10 tahun dan tahan di setiap kondisi ekonomi untuk mengurangi resiko yang ada. Jangan hanya tergiur pada emiten yang memiliki keuntungan fantastis hanya di awal saja atau mengikuti trend

2.Perhatikan Rasio Hutang

            Sebuah perusahaan pasti memiliki hutang yang berguna untuk meningkatkan kualitas produk ataupun melakukan ekspansi ke bisnis lain. Sebuah hutang di suatu emiten juga harus diperhatikan, karena jika hutang terlalu tinggi namun produktivitasnya rendah makan ini bisa menjadi sebuah pertimbangan untuk membeli sahamnya.

3. Lihat Pergerakan Saham

            Kegiatan yang dilakukan seorang investor setiap pagi adalah mengamati pergerakan saham maupun berita harian yang terjadi pada suatu negara. Walaupun terkesan merepotkan, namun hal ini berguna untuk memilih saham mana yang akan dibeli, dijuaal, ataupun ditambah sahamnya. Bisa saja saham yang hari ini bagus mendadak turun begitupun sebaliknya.

4.Bagaimana Manajemennya

            Sebuah manajemen yang baik juga mempengaruhi tingginya suatu harga saham. Jika suatu perusahaan memiliki manajemen yang kuat dan mampu meningkatkan produktivitas pekerja maka hasil dari produknya tentu makin baik dan mempengaruhi nilai suatu saham. Karenanya, penting menganalisa suatu manajemen emiten yang diincar sebelum membelinya.

5. Lakukan Analisis

            Sudah melakukan beberapa langkah diatas namun masih kurang yakin? Saatnya analisis ulang melihat beberapa faktor internal dan eksternal. Namun jika dirasa ilmu yang dimiliki kurang banyak maka saatnya belajar investasi lagi. Kesempatan belajar gratis masih tersedia di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :