fbpx

TIPS

Kesalahan Akibat Gagal Investasi

Berinvestasi di pasar modal kini menjadi pilihan bagi banyak orang terutama yang sedang memiliki waktu luang lebih banyak karena diharuskan bekerja dari rumah. Tetapi, apakah anda masih sering merasa rugi sejak mulai invetasi? Simak dulu alasannya kenapa sering rugi

  1. Berfikir Akan Selalu Untung

Dalam berinvestasi memang tidak selalu untung, terkadang saham yang kita pilih malah mengalami penurunan saat kita mulai menjualnya. Oleh karena itu, analisis yang dalam serta perencanaan yang matang dibutuhkan sebelum mulai menjual dan membeli saham yang anda inginkan.

2.  Tidak Memiliki Tujuan Keuangan

 Apa sih tujuan anda dalam berinvestasi? Sekedar ikut-ikutan teman atau karena memang membutuhkan demi menambah pendapatan? Tentukan motivasi dalam berinvestasi terlebih dahulu agar semakin semangat dalam berinvestasi dan menganalisa porofolio yang ada.

3. Tidak Lakukan Analisa Portofolio

Setiap saham dan emiten memiliki ciri khas tersendiri yang tentunya tidak semua orang cocok dengan perhitungan keuntungan. Karenanya, menganalisa porotofolio sebelum memilih invetasi dibutuhkan agar mengetahui perjalanan usaha suatu emiten dan perkiraan keuntungan yang didapatkan jika membeli saham tersebut.

4. Membeli Produk Karena Tren

Sama seperti makanan, terkadang banyak saham yang tiba-tiba menjadi terkenal karena harga jualnya yang tiba-tiba naik dan akhirnya di borong oleh banyak orang. Ada baiknya sebelum membeli menganalisa portofolio saham yang diinginkan terlebih dahulu agar tidak menyesal membeli.

5. Fokus Pada Satu Produk

 Tidak ada yang salah dalam menyukai satu produk saja. Namun, hendaknya menebir benih di banyak ladang agar bisa menghasilkan lebih banyak daripada fokus di satu produk. Hal ini juga bisa mengantisipasi bila suatu saat produk saham favorit mengalami penurunan.

6. Panic Buying

Dalam berinvestasi di pasar modal, pasti ada momen dimana anda ingin membeli saham sebanyak-banyaknya ataupun menjual saham karena harganya yang sedang naik. Bersabarlah dalam beinvestasi karena kita tidak tahu kapan saham tiba-tiba jatuh kembali ataupun naik lebih tinggi.

7. Ilmu Kurang Dalam Investasi

Salah satu alasan klasik mengapa banyak orang gagal dalam berinvestasi adalah kurangnya ilmu saat mulai berinvestasi. Tak heran jika sering mengalami kerugian dalam berinvestasi di pasar modal. Sebelum makin rugi dalam berinvestasi, lebih baik mulai belajar dulu secara gratis di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :

  • Pakuwon Tower 18-07 (TP6), Kedungdoro Surabaya
  • admin@uliveacademy.id
  • 031 - 99256446
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat & Ketentuan