fbpx

TIPS

Cara Atur Keuangan Agar Makin Bahagia di Masa Tua

Siapa sih yang tidak mau hidup bahagia walaupun sudah pensiun? Namun sebelum mendapatkan masa pensiun yang bahagia dan santai di masa depan sebaiknya mempersiapkan tabungan di masa depan dengan merancang pengeluaran dari sekarang agar sisanya bisa dipakai untuk menabung lebih banyak. Ikuti dulu langkah-langkah berikut.

  1. Tetapkan Pengeluaran Kebutuhan Pokok

Setelah penghasilan bulanan di dapatkan, catatlah berbagai kebutuhan pokok yang telah habis dan perlu dibeli serta cadangan bahan pokok untuk sebulan ke depan. Jika memiliki niat yang lebih banyak, carilah promo di tempat biasa anda belanja dan bandingkan tempat lain, apakah lebih murah ataupun lebih mahal. selain itu, biasakan juga untuk membeli barang dalam ukuran yang besar agar cukup dalam waktu satu bulan dan tidak perlu membeli dalam waktu dekat. Dalam proses belanja juga, pengeluaran juga tidak boleh lebih dari jatah pengeluaran untuk kebutuhan pokok.

2.  Buat Catatan Anggaran

Tidak hanya pengeluaran kebutuhan pokok yang harus dicatat namun berbagai pengeluaran lain juga harus di catat agar tidak terjadi kebocoran di akhir bulan. Beberapa pengeluaran yang sebaiknya dicatat adalah donasi, kebutuhan harian, servis kendaraan, pembelian pulsa dan token listrik, ataupun pengeluaran untuk hobi. Jika salah satu pos pengeluaran lain sudah habis, tidak disarankan untuk memakasi pos pengeluaran lain agar tidak terjadi ketimpangan di akhir bulan dan bisa menjadi tabungan di bulan selanjutnya.

3. Jangan Lupa Dana Darurat

          Salah satu kunci hidup bahagia dan tenang saat hari tua adalah persiapan dana pendapatan secara matang. Dana darurat sendiri bisa dikumpulkan melalui penghasilan bulanan dengan jumlah mencapai 9,12, atau 24% dari penghasilan bulanan. Namun, jika hanya mengandalkan dari penghasilan bulanan tentu saja membutuhkan waktu yang lama bukan.

4. Tambah Penghasilan

          Segala persiapan mengenai rancangan hari tua mungkin sudah disiapkan sejak dini setelah mendapatkan pekerjaan impian dan memperoleh gaji pertama. Namun, jika hanya mengandalkan penghasilan bulanan tentu saja tidak cukup kan? Menambah penghasilan bisa jadi solusi dengan cara berjualan ataupun mulai investasi yang bisa dilakukan dimana saja tanpa mengganggu pekerjaan utama.

5. Tidak Mempersiapkan Pensiun

Disisi lain, tidak banyak orang yang menyiapkan anggaran pensiun sejak dini dengan anggapan bisa mengandalkan pesangon dari perusahaan ataupun tabungan yang telah dikumpulkan bertahun-tahun. Sayangnya, kita tidak pernah tahu kapan musibah datang dan menguras semua tabungan anda. Ada baiknya, saat kondisi ekonomi sedang stabil digunakan untuk mempersiapkan tabungan untuk hari tua nanti.

Bisa melalui penghasilan utama atau menambah penghasilan dengan dimulai dari belajar investasi saham syariah di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :

  • Pakuwon Tower 18-07 (TP6), Kedungdoro Surabaya
  • admin@uliveacademy.id
  • 031 - 99256446
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat & Ketentuan