fbpx

TIPS

Kenapa Harus Pilih Investasi Saham Syariah ?

Indonesia merupakan salah satu dari sekian banyak negara yang memiliki populasi muslim terbesar di Indonesia. Tak heran, produk syariah dan halal selalu menjadi incaran banyak konsumen. Di pasar modal sendiri, ada 2 macam saham yang dapat dipilih oleh investor, yaitu saham syariah dan saham reguler. Berbeda dengan yang reguler, saham syariah diperiksa langsung oleh MUI dan Badan pengawas tersendiri. Lalu apa manfaat memiliki saham syariah dibandingkan dengan saham lain?

1. Bebas Riba

Berbeda dengan saham reguler yang menerapkan sistem bunga. Saham syariah menggunakan prinsip bagi hasil. Hal ini berarti, kedua belah pihak menanggung kerugian dan keuntungan yang mungkin saja terjadi di masa depan.

2. Pengelolaan Saham Syariah Jelas & Transparan

Melalui pengawasan oleh MUI, Dewan Pengawas Syariah, serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bisa dipastikan bahwa pengelolaan perusahaan yang memiliki saham syariah jelas dan transparan. Sehingga, setiap setahun sekali para pengguna bisa lebih mengetahui keuntungan serta risiko yang mungkin saja di dapatkan bila fokus di emiten tertentu

3. Saham Syariah Dijamin Kehalalanya

Salah satu perbedaan yang mencolok diantara saham syariah dan saham reguler adalah terdapat badan pengawas bernama Dewan Pengawas Syariah yang bertugas untuk memeriksa apakah perusahaan tersebut telah menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam pelaksanaanya dan saham tersebut memenuhi kriteria menjadi saham syariah. Jika sudah lolos, maka saham dari sebuah perusahaan akan masuk ke dalam Daftar Ekonomi Syariah. Jangan kaget, bila ternyata perusahaan yang anda incar ternyata tidak masuk ke dalam saham syariah karena tidak memenuhi syarat.

4. Minim Resiko

Masih pemula dan takut untuk mulai investasi di pasar modal? Menggunakan saham syariah sebagai jalan masuk ke pasar modal patut dicoba. Karena sebelum masuk, anda akan dijelaskan risiko untung dan rugi yang akan ditanggung sehingga menjauhkan dari informasi yang menyesatkan dan risiko yang bisa bikin rugi di kemudian hari. Saham syariah juga bisa bikin hati nyaman karena peraturan ini.

5. Pengawasan Secara Syariah

Di dalam saham syariah sendiri terdapat evaluasi beberapa tahun sekali untuk mengetahui apakah saham tersebut masih layak masuk daftar Daftar Ekonomi Syariah ataupun sebaliknya. Evaluasi ini juga berguna bagi para pengguna saham syariah agar tetap berada di jalur yang sesuai dengan syariat islam.

6. Pilihan Saham Yang Beragam

Walaupun terdapat evaluasi dan diawasi langsung oleh dewan pengawas namun saham syariah juga tetap memiliki beragam pilihan emiten yang tentu saja menghasilkan cuan. Masih ragu untuk mulai investasi di pasar modal? Pelajari dulu berbagai strategi untuk mulai investasi dengan saham syariah di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :

  • Pakuwon Tower 18-07 (TP6), Kedungdoro Surabaya
  • admin@uliveacademy.id
  • 031 - 99256446
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat & Ketentuan