fbpx

TIPS

Keuangan Memburuk Walaupun Sudah Mapan? Mungkin Anda Lakukan Kesalahan Ini

Kendaraan sudah punya begitupun dengan tempat tinggal. Namun kenapa masih merasa kurang? Bahkan hutang dan cicilan pun rasanya makin mencekik. Padahal pendapatan pun bisa dibilang naik setiap tahun. Sepertinya kesahan finansial ini harus anda ketahui sebelum terjebak ke lubang yang lebih dalam

1. Tekanan Gaya Hidup

Di era modern ini, rasahnya susah untuk tidak mengikuti gaya hidup yang ada. Tidak masalah jika yang anda ikuti adalah gaya hidup minimalis dan gemar menabung. Tetapi akan jadi masalah apabila gaya hidup yang anda ikuti tidak sesuai dengan penghasilan. Bisa-bisa anda terjebak hutang karena pendapatan yang tidak cukup untuk satu bulan. Cobalah keluar dari pergaulan yang membelenggu anda dan cari gaya hidup yang pas dengan kantong anda.

2. Konsumtif Terhadap Tren

Selain terlalu mengikuti gaya hidup, sikap konsumtif terhadap trend juga bisa sebabkan penghasilan anda bocor. Bayangkan jika anda seorang penggemar kopi yang gemar mencoba kopi setiap hari atau berbelanja kebutuhan gadget yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Sebelum mengikuti trend, pastikan hal ini bermanfaat bagi anda dan tidak bikin kantong jebol.

3. Memiliki Banyak Hutang

Terlalu mengikuti gaya hidup yang tidak sesuai serta konsumtif terhadap trend bisa sebabkan tumbuhnya hutang-hutang baru. Diskon kartu kredit dan tawaran pay later bisa membuat banyak orang tergiur dan tidak terasa hutang pun menumpuk. Jika memang terpaksa berhutang, pilihlah tagihanyang tidak memberaktkan serta bayang yang dicicil bisa bergurna untuk kegiatan sehari-hari dan pekerjaan serta berumur panjang.

4. Tidak Memiliki Catatan Keuangan

Bagi sebagian besar orang, mencatat keuangan adalah hal yang menjemukan dan memakan waktu. Kegiatan mencatat memang kelihatan sepele tetapi bisa membuat kita mengetahui kemana saja uang kita pergi dan tak kembali. Melalui kegiatan mencatat, anda juga bisa memantau kemana alur uang anda, serta pengeluaran yang harus dikurangi bahkan dihilangkan. Memiliki kebiasaan menulis juga membuat kita merasa sayang untuk mengeluarkan uang.

5. Minimnya Pengetahuan Financial

Memiliki penghasilan yang besar akan terasa sia-sia jika tidak diiringi dengan pengetahuan finansial yang memadai.Banyak orang beranggapan bahwa semakin besar gaji yang di dapat maka semakin banyak juga pengeluaran yang harus dianggarkan. Padahal gaji yang besar bisa dianggarkan untuk pos tabungan lain. Seperti tabungan masa depan, dana darurat, hari tua, pendidikan anak, dan juga investasi.

6. Tidak Memulai Investasi

Memiliki gaji sebesar apapun jika hanya dihabiskan tanpa investasi lebih dahulu bisa sebabkan penghasilan anda tetap kurang. Ingatlah, kita tidak bisa terus-terusan bekerja. Akan ada saatnya kita beristirahat dan dibutuhkan cadangan dana yang cukup. Investasi saat ini banyak sekali jenisnya dengan berbagai macam pengelolaaan. Jika anda salah memilih langkah, bisa-bisa anda terjebak investasi bodong yang malah menjerumuskan perekonomian anda. Mulailah belajar investasi yang aman dan tepat dengan ambil tiket gratisnya di www.maucuan.com

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :