fbpx

TIPS

Penghasilan Masih Tetap Boros Walaupun Gaji Mapan? Jangan-jangan Anda Melakukan Kesalahan Ini

Yeayy Hari gajian sudah datang”. Inilah hari yang ditunggu-tunggu banyak orang. Disaat itulah hasil kerja keras kita terbayar. Sayangnya, banyak orang yang menghabiskan penghasilan mereka setelah gajian hingga akhirnya harus berhutang. Situasi tersebut baiknya dihindari agar tidak menyesatkan kita untuk ke depannya. Lalu apakah ada cara agar penghasilan kita tidak cepat habis?

1. Membuat Skala Prioritas

Saat pertama kali gajian pastikan anda memprioritaskan kebutuhan sehari-hari terlebih dahulu lalu sisihkan penghasilan untuk tabungan dan investasi. Jangan lupakan juga dana darurat dan cicilan. Prioritaskan juga untuk beramal dan memberi kepada orang tua. Setelah prioritas diurutkan barulah sisanya digunakan untuk foya-foya

2. Jangan Terlalu Boros Dengan Uang

Kebiasaan buruk saat gajian turun adalah boros dengan uang. Menyenangkan diri sendiri dengan memiliki barang-barang mahal atau sekedar makanan mewah memang diperbolehkan namun jangan terlalu boros hingga uang habis. Hal itu bisa mengganggu pos pengeluaran yang lain

3. Rem Penggunaan Kartu Kredit

Punya kartu kredit memang menyenangkan. Kegiatan belanja jadi lebih murah dan sering mendapatkan diskon. Tetapi, jangan terlena dengan rayuannya. Jika anda tidak bijak dalam pemakaian, bisa-bisa di akhir bulan tagihan menumpuk dan mengakibatkan penghasilan minus. Gunakan kartu kredit untuk membeli barang-barang yang penting dan berguna untuk jangka panjang saja.

4. Evaluasi Keuangan Setelah Gajian

 Satu kegiatan yang jarang dilakukan setelah gajian adalah mengevaluasi pengeluaran bulan lalu. Padahal, seringkali kita melakukan pengeluaran tak terduga seperti berbelanja barang-barang diskon ataupun dirawat di rumah sakit. Kegiatan ini perlu dilakukan agar kita mengetahui apakah pengeluaran bertambah ataupun tetap.

5. Mulai Menabung Teratur

 Menabung juga harus jadi prioritas setelah uang mulai masuk ke dalam rekening. Mulailah sisihkan uang untuk menabung baru sisanya digunakan untuk pengeluaran. Hal ini dilakukan agar kita tak boros untuk sebulan ataupun lupa menyisikan budget tabungan. Jika tidak menabung di awal, biasanya kita merasa uang masih banyak dan akhirnya memilih untuk membeli kebutuhan tersier.

6. Prioritaskan cicilan

Setelah menyisakan budget untuk menabung hal pentinng yang harus kita lakukan selanjutnya adalah memprioritaskan cicilan. Mulailah mengurutkan cicilan yang penting seperti cicilan rumah dan motor ke cicilan yang tidak penting antara lain cicilan gadget dan gaya hidup. Hindari menyicil barang-barang yang sifatnya jangka pendek.

7. Bawa Bekal dari Rumah

Sudah mengevaluasi pengeluaran dan mengerem penggunaan kartu kredit namun pendapatan masih tidak cukup? Saatnya bawa bekal dari rumah. Walaupun dianggap remeh tapi kebiasaan bawa bekal bisa sedikit mengurangi pengeluaran. Selain itu, kebersihan dan kesehatan makanan pun terjamin.

8. Cari Investasi

Pada saat sekarang ini, mengandalkan gaji bulanan tentu saja tidak cukup. Apalagi jika kita menaggung pengeluaran untuk keluarga. Soluasi dari masalah ini yaitu mencari investasi yang sesuai dengan kantong. Namun, banyaknya kasus investasi bodong membuat kita semakin ragu untuk belajar investasi. Tak ada salahnya untuk belajar dulu lebih dalam tentang investasi. Tetapi adakah yang bisa mengajarkan kita tentang hal ini? Tentu saja ada, cukup klik link www.maucuan.com untuk mendaftar kelas gratis belajar investasi.

Coach Doddy Eka Putra Pun Telah Mendapatkan Ijin Resmi dari Dewan Komisioner OJK Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek ( WPPE ) Guna Memberikan Edukasi dan Literasi Kepada Masyarakat Tentang Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia ( IDX )

Hubungi Kami :